Liverpool dan Tottenham Hotspur Patahkan Dominasi Klub Kaya di Liga Champions

Liverpool dan Tottenham Hotspur Patahkan Dominasi Klub Kaya di Liga Champions – Robbie Fowler mengatakan kalau faktor pelatih menjadi kunci keberhasilan Liverpool dan Tottenham Hotspur tampil di final Liga Champions pada musim 2018-19. Menurutnya, Liverpool dan Tottenham Hotspur berhasil mematahkan dominasi klub-klub kaya di kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut.

Untuk kali pertama sejak 2004, laga final Liga Champions ditempati oleh klub yang berada di luar urutan lima besar klub terkaya di Eropa. Hal itu dianalogikan sebagai sebuah keajaiban jika berbicara kekuatan finansial di sepak bola Eropa.

Faktor utama yang membuat hal terjadi adalah sosok manajer yang menangani dua klub tersebut. Jurgen Klopp dan Mauricio Pochettino pantas mendapat acungan jempol atas prestasi mereka pada musim ini.

“Apa yang dilakukan Jurgen Klopp dan Mauricio Pochettino adalah hal yang luar biasa. Mereka bisa mengembalikan tradisi utama dari sepak bola, yaitu semangat dan kebersamaan,” ujar Fowler.

“Bukan sebuah kebetulan jika Liverpool dan Tottenham memiliki tim analitik yang bagus. Hal itu karena metode yang dilakukan dua manajer tersebut. Mereka bisa mendatangkan pemain yang benar-benar dibutuhkan oleh tim.”

“Liverpool mengeluarkan uang yang besar untuk membeli pemain, hal itu dikarenakan kepercayaan mereka terhadap analisis yang dilakukan. Mereka juga mengeluarkan dana yang besar setelah menjual Philippe Coutinho ke Barcelona, jadi itu masih menjadi hal yang wajar.”

“Apa yang dialami Pochettino lebih ekstrim lagi. Ia tak mendapat pemain baru sejak musim 2017-18 berakhir. Namun, ia berhasil meraih prestasi karena memiliki pemain yang ia butuhkan.”

“Sekali lagi, mereka melakukan analisis yang sangat baik mengenai kebutuhan timnya,” ungkap Fowler.

Liverpool melaju ke final setelah menumbangkan Barcelona di semifinal. The Reds melalui laga yang sulit karena sempat tertinggal tiga gol pada pertemuan pertama.

Sementara itu, Tottenham Hotspur menghentikan langkah Ajax melalui laga yang sangat dramatis di semifinal. Liverpool dan Tottenham Hotspur akan bertanding pada laga final Liga Champions yang berlangsung di Wanda Metropolitano, Madrid.

detiksport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *