Dari Firmino Sampai Van Dijk, Begini Proses Bertahan Liverpool

Dari Firmino Sampai Van Dijk, Begini Proses Bertahan Liverpool – Bek Liverpool, Joel Matip bicara soal perkembangan defensif Liverpool sepanjang musim ini. Dia percaya The Reds yang sekarang jauh lebih komplet dari musim-musim sebelumnya. Mereka tidak hanya jago menyerang, tetapi juga bisa bertahan dengan baik.

Perkembangan itu tak lepas dari peran Alisson Becker dan Virgil van Dijk. Begitu tiba di Anfield, dua sosok itu langsung mendongkrak kualitas pertahanan The Reds. Kini, mereka bisa bermain lebih tenang.

Kekuatan pertahanan Liverpool juga terbukti dari kedalaman skuat mereka. Ketika bek tengah seperti Joe Gomez atau Dejan Lovren cedera, mereka masih punya opsi lain dalam diri Joel Matip. Sang pelatih, Jurgen Klopp punya banyak opsi yang bisa dia gunakan. Tercatat, The Reds merupakan tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di Premier League 2018/19.

Biar begitu, kekuatan defensif Liverpool ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh kerja keras para bek. Mengapa begitu?

Perkembangan Defensif

Menurut Matip, Liverpool bisa bertahan dengan baik karena bergerak sebagai tim. Proses bertahan mereka tidak dimulai dari barisan bek atau dari lini tengah. Skuat Liverpool justru langsung bermain dalam mode defensif begitu kehilangan bola.

“Saya kira sudah jelas, Virgil van Dijk memberikan dampak yang luar biasa, ketika menguasai bola dia sangat tenang dan dia memenangi duel-duel di udara dan di atas lapangan. Dia membuat seluruh tim lebih stabil dan dia melakukan itu dengan sangat baik, tetapi sebagai seluruh skuat kami telah banyak berkembang,” tutur Matip kepada Sky Sports.

“Segalanya dimulai sejak awal – Roberto Firmino, contohnya, berperan seperti bek pertama. Alisson Becker di belakang, dia hebat ketika menghadapi bola dan ketika menguasai bola dia melakukan hal-hal hebat.”

Menikmati Kesempatan

Lebih lanjut, soal performanya yang terus menanjak, Matip mengaku keyakinan Jurgen Klopp juga membantu. Dia merasa percaya diri karena sang pelatih yakin pada kemampuannya. Semua pemain Liverpool merasakan hal serupa.

“Saya kira itu [dukungan Klopp] tidak terlalu buruk untuk kepercayaan diri, tetapi saya memang selalu percaya pada diri saya sendiri. Sekarang, saya punya kesempatan bermain dan saya hanya berusaha memanfaatkannya.”

“Kami punya banyak pemain berkualitas dalam tim. Tidak penting siapa yang bermain dari bangku cadangan, mereka selalu ingin membuktikan diri – dan mereka melakukannya. Ini adalah tim bagus dan rasanya hebat bisa menjadi bagian darinya,” tutup Matip.

Liverpool tengah bersiap mencetak sejarah jika mampu mengalahkan Tottenham dan menjadi juara Liga Champions, Minggu (2/6) dini hari WIB mendatang.

detiksport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *